Home Berita Wilayah Rayakan HUT PPNI Ke-48, DPD PPNI Sumba Tengah Menyelenggarakan Tujuh Kegiatan

Rayakan HUT PPNI Ke-48, DPD PPNI Sumba Tengah Menyelenggarakan Tujuh Kegiatan

0
347

Tidak tanggung-tanggung, Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI ) Kabupaten Sumba Tengah menyelenggarakan tujuh kegiatan untuk meyambut dan memeriahkan HUT PPNI ke-48 yang dirayakan tiap 17 Maret sebagai tanggal lahir organisasi profesi perawat tersebut.

Hal itu disampaikan Anggraini Natara—pengurus Bidang Penelitian, Informasi dan Komunikasi (Infokom) DPD PPNI Sumba Tengah—dalam rilis pers yang diterima Bidang Infokom DPW PPNI Provinsi NTT pada hari Sabtu (19/03/2022) lalu. Apa saja tujuh kegiatan tersebut? Berikut tim Infokom DPW PPNI Provinsi NTT menyajikan untuk Anda.

Pertama, penegasan program PPNI ke puskesmas, klinik dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Sumba Tengah. Adapun fasilitas kesehatan yang sempat dikunjungi dalam kegiatan ini di antaranya: Puskesmas Wairasa pada tanggal 14 Februari 2022; Puskesmas Malinjak pada tanggal 18 Februari 2022; Klinik Karitas Katikuloku pada tanggal 24 Februari 2022; Puskesmas Lawonda pada tangal 22 Februari 2022; Puskesmas Weeluri pada tanggal 25 Februari 2022; Puskesmas Mananga pada tanggal 26 Februari 2022; Puskesmas Pahar pada tanggal 1 Maret 2022; Puskesmas Maradesa pada tanggal 2 Maret 2022; Puskesmas Lendiwacu pada tanggal 23 Februari 2022; Puskesmas Umbu Riri pada tanggal 4 Maret 2022, dan RSUD Waibakul pada tanggal 5 Maret 2022.

Ketua DPD PPNI Kab. Sumba Tengah bersama badan pengurus tingkat DPD hingga DPK serta beberapa anggota mengunjungi setiap fasilitas kesehatan tersebut untuk menegaskan kembali program kerja PPNI, sehingga para anggota yang berada di berbagai tempat pelayanan kesehatan bisa mengetahui lebih banyak tentang PPNI.

“Safari ini juga menjadi media untuk menyerap inspirasi dan mengidentifikasi apa saja kendala/kondisi teman-teman sejawat perawat di fasilitas kesesehatan, sehingga anggota PPNI merasakan kehadiran organisasi PPNI dalam pelayanan mereka,” ungkap Ketua DPD PPNI Sumba Tengah, Ibu Adriana Rambu Juni Ranna, S.Kep.,Ns.

Kedua, DPD PPNI Sumba Tengah bersama para anggota melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung pada hari Jumat, 11 Maret 2022, dimulai pukul 06.00 WITA hingga selesai.

Sasaran kegiatan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang berdomisili di sekitar Pasar Anakalang, Desa Anakalang, Kecamatan Katikutana, Kab. Sumba Tengah. Bentuk kegiatannya berupa edukasi atau promosi kesehatan tentang DBD, protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19. Selain itu, DPD PPNI Sumba Tengah juga berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk melakukan pembersihan Pasar Anakalang.

Menurut Ketua DPD PPNI Sumba Tengah, Ibu Adriana Rambu Juni Ranna, S.Kep.,Ns, kegiatan pengabdian masyarakat ini penting dilakukan karena kasus COVID-19 saat ini masih ada dan kemungkinan masih terus meningkat, sedangkan capaian vaksinasi COVID-19 belum maksimal.

Ketiga, DPD PPNI Kab. Sumba Tengah menyelenggarakan Lomba video kreatif tentang pelayanan di fasiltas kesehatan masing-masing. Lomba resmi diumumkan sejak  1 Maret 2022. Tercatat ada 11 fasilitas kesehatan yang mengikuti lomba dan telah mengirimkan karyanya dalam periode waktu 10-14 Maret 2022.

Video yang masuk ke panitia akan dinilai para dewan juri dari DPW PPNI NTT dan seorang videomaker profesional. Video hasil lomba tersebut kemudian diunggah di berbagai akun media sosial DPD PPNI Kab. Sumba Tengah (Fb, Youtube, dan IG). Pemenangnya diumumkan saat acara puncak perayaan HUT PPNI Ke 48 yang terpusat di Puskesmas Wairasa.

Menurut Ibu Adriana Rambu Juni Ranna, S.Kep.,Ns., kegiatan tersebut diharapkan dapat memacu semangat pelayanan, kreativitas dan memberi apresiasi pelayanan yang sudah dilakukan perawat di masing-masing fasilitas kesesehatan.

Keempat, DPD PPNI Sumba Tengah juga berkoordinasi dengan pengurus DPK dan para anggota untuk memberikan penyuluhan tentang COVID-19 dan vaksinasi di tingkat fasilitas kesehatan masing-masing.

Kegiatan tersebut dilaksanakan antara waktu sebelum dan setelah perayaan HUT PPNI, disesuaikan dengan kondisi di lokasi masing-masing. Setiap titik kegiatan, panitia menyediakan media pendidikan kesehatan serta baliho HUT PPNI ke-48.

Ketua panitia HUT PPNI ke-48 tingkat DPD Sumba Tengah—Ibu Oktovina K. Lindinau,A.Md.Kep—mengatakan, pemahaman tentang COVID-19 dan vaksinasi sangat penting untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat, baik dalam menerapkan protokol kesehatan maupun berpastisipasi dalam kegiatan vaksinasi. Karena itu, dirinya menganjurkan semua anggota PPNI untu gencar memberikan informasi yang benar ke masyarakat untuk menekan angka penderita COVID-19, serta membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanganannya.

Kelima,  DPD PPNI Kab. Sumba Tengah menamai kegiatan ini sebagai “Kunjungan Kasih” bagi pensiunan perawat. Aksi ini diawali dengan pendataan nama-nama pensiunan prawat di wilayah kerja masing-masing; sesuai dengan lokasi kerja atau fasilitas kesehatan tempat para pahlawan itu bekerja.

Setelah didata, panitia kemudian melakukan kunjungan rumah. Selain saling menyapa dan memberi semangat, panitia juga memberikan bingkisan sederhana namin tetap bermakna, berupa bingkai foto dan selimut.

“Kami memberi penghargaan pada mereka yang sempat terlupakan jasa-jasanya; mereka yang menjadi motivator kami dalam pelayanan tulus di era masa kini,” kata Ibu Oktovina K. Lindinau, A.Md.Kep selaku ketua panitia di sela-sela kunjungan tersebut.

Pemberian cendera mata kepada perawat pensiunan di Sumba Tengah

Keenam, upacara puncak HUT PPNI ke-48 tingkat DPD PPNI Kab. Sumba Tengah dirayakan dengan upacara bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah
yang berlangsung di Lapangan Makatul; persis di depan Kantor Bupati Sumba Tengah.

Kegiatan yang berlangsung pada hari lahir PPNI tersebut, 17 Maret 2022, dimulai pukul 07.30 WITA. Upacara dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Tengah beserta jajarannya, serta pengurus dan anggota PPNI Kab. Sumba Tengah. Anggota membawa baliho HUT PPNI ke 48, dan selama upacara anggota PPNI menyanyikan lagu Mars dan Hymne PPNI.

Ibu Oktovina K. Lindinau, A.Md.Kep selaku ketua panita mengatakan, kegiatan bersama pemerintah daerah tersebut sangat penting dalam mempromosikan peran penting PPNI dalam dunia kesehatan.

“Pemeritantah dan masyarakat perlu tahu organisasi PPNI itu  mempunyai Jiwa pelayanan yang luar biasa,” tambahnya.

Pembagian hadiah lomba dan doorprize pada acara puncak HUT PPNI ke-48 tingkat DPD PPNI Kab. Sumba Tengah

Ketujuh, masih bagian dari acara puncak HUT PPNI ke-48, pada hari Kamis, 17 Maret 2022. Selepas upacara dengan Pemkab Sumba Tengah, DPD PPNI Sumba Tengah bersama para anggota bergerak ke Puskemas Wairasa, tempat di mana kegiatan pemungkas dilaksanakan yang dimulai pukul 10.00 WITA.

Kegiatan penutup tersebut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Sumba Tengah, Ketua DPD PPNI Kabupaten Sumba Tengah beserta seluruh pengurus dan anggota PPNI kabupaten Sumba Tengah.

Ibu Adriana Rambu Juni Ranna, S.Kep.,Ns, selaku Ketua DPD PPNI Kab. Sumba Tengah mengaku bangga dengan berbagai rangkaian kegiatan HUT PPNI ke-48 di wilayahnya, khususnya pada acara puncak tersebut.  “Kegiatan ini tentunya akan memubuat anggota PPNI merasa menjadi bagian dari organisasi profesi yang luar biasa, yaitu PPNI,” pungkasnya.

Kegiatan puncak tersebut diisi dengan berbagai acara, mulai dari kata sambutan dari berbagai tokoh, pemotongan tumpeng, pengumuman lomba video kreatif, kuis berhadiah seputar informasi tentang PPNI, pembagian 10 doorprize, serta tidak lupa doa syukur atas hari ulang tahun organisasi profesi perawat tersebut.

Penulis/reporter: Anggraini Natara (Infokom DPD Sumba Tengah)

Editor: Saverinus Suhardin (Infokom DPW PPNI NTT)