Home Berita Wilayah DPD PPNI Kota Kupang Merayakan HUT dengan Gerakan Donor Darah

DPD PPNI Kota Kupang Merayakan HUT dengan Gerakan Donor Darah

0
180

Sabtu pagi (19/03/2022) pukul 09.00 WITA, perawat-perawat yang berada di bawah naungan Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kota Kupang, mendatangi kantor UPTD PMI NTT yang berlokasi di Jl. Veteran No. 71 A, Kelapa Lima. Kehadiran mereka untuk melaksanakan gerakan donor darah sebagai bentuk ungkapan syukur atas HUT PPNI ke-48 dengan berbagai “keajaiban kehidupan” dengan sesama.

Ketua DPD PPNI Kota Kupang, Bapak Nikolaus Kewuan, S.Kep.Ns., MPH, turut berpastisipasi menjadi pendonor sekaligus memantau jalannya kegiatan. Di sela-sela kegiatan tersebut, Pak Niko—sapaan akrabnya—menapaktilasi secara singkat mengenai kiprah organisasi profesi perawat bernama PPNI itu, dalam perjuangannya bersama rakyat menuju bangsa yang sehat.

Andi Taka (Infokom DPW PPNI NTT sedang mewawancarai Bapak Nikolaus Kewuan, S.Kep.,Ns, MPH selaku Ketua DPD PPNI Kota Kupang

Pak Niko menjelaskan, PPNI resmi didirikan pada Tanggal 17 Maret 1974 silam. Dengan demikian, hari Kamis (17/03/2022) kemarin, wadah perawat yang merupakan fusi atau penggabungan dari berbagai organisasi perawat sebelumnya, genap berusia 48 tahun.

Menurut Pak Niko, PPNI merupakan satu–satunya organisasi profesi yang mewadahi seluruh perawat di Negara Kesatuan Republik Indonesia. PPNI hadir sebagai wadah pembuat kebijakan, pemersatu, pembina, pengembang dan pengawas keperawatan Indonesia. Bagi Pak Niko, keberadaan DPD PPNI Kota Kupang merupakan perwujudan semangat profesi keperawatan sebagai pelayan yang berfokus dalam meningkatkan status kesehatan bagi keluarga dan masyarakat.

HUT PPNI yang ke-48 tahun 2022 ini mengusung tema, “Perawat Bersama Rakyat, Menuju Bangsa Sehat, Bebas dari COVID-19”. Berdasarkan tema besar tersebut, Pak Niko bersama pengurus DPD PPNI Kota Kupang memutuskan untuk melakukan gerakan donor darah.

Keputusan bersama itu sejalan apa yang telah dan sedang diperjuangan perawat selama ini, yaitu menjadi garda terdepan bersama Pemerintah Kota Kupang untuk menuntaskan masalah kesehatan, terkhusus pandemi COVID-19.

“Kita tahu bahwa, Kota Kupang dalam 3 tahun terakhir berada dalam zona kuning pandemi Covid-19,” kata Pak Niko. “Oleh karena itu, DPD PPNI Kota Kupang mengeluarkan undangan  kepada 18  Ketua DPK PPNI dan seluruh sejawat perawat  se-Kota Kupang untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini.”

Pak Niko menambahkan, selain sebagai bentuk syukur memperingati HUT PPNI yang ke-48, gerakan donor darah tersebut merupakan wujud partisipasi PPNI dalam memenuhi kebutuhan darah yang digunakan sebagai salah satu cara untuk menyembuhan pasien COVID-19.

Selain Ketua DPD PPNI Kota Kupang, gerakan donor darah tersebut juga dihadiri jajaran badan pengurus, ketua DPK PPNI se-Kota Kupang, serta sejawat perawat sebanyak 40 orang pendonor.

“Terima kasih kepada semua sejawat perawat yang telah mengambil bagian dalam kegiatan gerakan donor darah ini. Semoga aksi kecil ini bisa berdampak maksimal,” tutup Pak Niko.

Penulis/reporter: Andi Taka

Editor: Saverinus Suhardin (Infokom DPW PPNI NTT)