Home Pengurus DPD DPK PPNI RS ST Carolus Borromeus Lakukan Pengmas di Panti Asuhan PRR...

DPK PPNI RS ST Carolus Borromeus Lakukan Pengmas di Panti Asuhan PRR Sikumana

0
125

Dewan Pengurus Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPK PPNI) RS ST Carolus Borromeus Kupang (RSCB) menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menyongsong International Nurses Day (IND) dan HUT rumah sakit yang ke-11, salah satunya dengan melakukan pengabdian masyarakat (pengmas).

Pengmas tersebut dilaksanakan dalam bentuk kunjungan sekaligus memberi bantuan ke Panti Asuhan PRR Sikumana, Kota Kupang pada Jumat (21/04/2023) lalu. Direktur RS. ST. Carolus Borromeus, dr. Herly Soedarmadji, MM—yang pada kesempatan itu didampingi Kabid Keperawatan (Sr. Asisia, CB), Ketua DPK PPNI RSCB (Aprianus Missa), dan Bendahara DPK PPNI RSCB (Yustina Ceme)—menyerahkan bantuan secara langsung kepada penerima manfaat yang diwakili pimpinan Panti Asuhan PRR Sikumana, Sr. M. Stanisia, RRR.

Direktur RS. ST. Carolus Borromeus, dr. Herly Soedarmadji, menyerahkan bantuan kepada pimpinan Panti Asuhan PRR Sikumana, Sr. M. Stanisia, RRR.

Sr. M. Stanisia, RRR mengucapkan terima kasih kepada pihak  RSCB dan perawat yang tergabung dalam DPK PPNI RSCB. Menurutnya bantuan tersebut sangat berguna bagi anak-anak yang dibina dalam panti asuhan tersebut.

Selain itu, Sr. M. Stanisia juga mengapresiasi RS. ST. Carolus Borromeus yang secara konsisten melayani orang sakit dengan penuh kasih. Ia juga memberi pesan khusus untuk perawat di DPK PPNI RSCB agar selalu setia menjalankan tugas pelayanan.

“Dedikasi perawat sudah banyak dirasakan pasien yang memberi kesembuhan dan kekuatan,” ungkap Sr. M. Stanisia.

Pada momen yang sama, dr. Herly soedarmadji, MM selaku Direktur RS. ST. Carolus Borromeus juga memiliki harapan yang sama.  Ia berharap kegiatan-kegiatan yang dilakukan DPK  PPNI RS. ST. Carolus Borromeus membuat antarperawat sebagai anggota makin solid dalam karya pelayanan kepada pasien.

“Mari terus mengembangkan karya pelayanan di RS. ST. Carolus Borromeus,” ajak dr. Herly soedarmadji, MM.

Ia juga berharap, kiranya melalui berbagai kegiatan dalam rangka menyongsong IND dan HUT RS. ST. Carolus Borromeus ke-11 tahun,  seluruh keluarga besar RS. ST. Carolus Borromeus semakin mampu meningkatkan kerja sama dan saling mendukung satu sama lain.

“Kita terus bersama untuk pengembangan RS. ST. Carolus Borromeus,” harap dr. Herly soedarmadji, MM.

Foto bersama setelah penyerahan bantuan secara simbolis

Perawat Bekerja dengan Etika

Sr. Asisia, CB ikut mengapresiasi apa yang telah diinisiasi oleh DPK PPNI RSCB yang berkolaborasi dengan pihak manajemen rumah sakit. Menurutnya apa yang telah dilakukan DPK PPNI RSCB sudah baik, tapi perlu kerja masing-masing seksi dalam kepengurusan perlu ditingkatkan lagi.

“Semoga masing-masing seksi bisa membuat kegiatan yang bertujuan  membina teman- teman perawat lain, sehingga bisa meningkatkan mutu pelayanan,” kata Sr. Asisia, CB.

Kabid Keperawatan RSCB itu juga menekankan pentingnya perawat untuk menghayati kode etik dalam bekerja. Menurut Sr. Asisia, CB, kalau perawat sudah bekerja dengan baik dan memperhatikan kode etik profesi, maka perawat mendapat tempat istimewa di hati masyarakat.

“Siapa lagi yang mau membuat nama perawat menjadi lebih baik kalau bukan perawat itu sendiri?” lanjut Sr. Asisia, CB.

Berkenaan dengan HUT RS. ST. Carolus Borromeus yang ke-11, Sr. Asisia, CB berharap agar seluruh keluarga besar rumah sakit tidak hanya bersuka cita, tapi juga memanfaat momen ulang tahun tersebut untuk melihat atau merefleksi kembali seluruh perjalanan selama 11 tahun.

“Semoga ke depan RS. ST. Carolus Borromeus lebih professional lagi dalam memberikan pelayanan, sehingga masyarakat yang mendapat pelayanan semakin banyak dan mereka boleh merasakan dan mengalami kasih Tuhan lewat tangan-tangan kita yang bekerja,” tutup  Sr. Asisia, CB.

Sementara itu, Aprianus Missa selaku Ketua DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik manajemen, perawat,  dan seluruh karyawan yang selalu mengambil bagian dalam setiap kegiatan.

Aprianus Missa menambahkan, bentuk kegiatan menyongsong IND dan HUT RSCB ke-11 tersebut di antaranya donor darah yang sudah digelar pada Sabtu (25/03/2023) lalu; kemudian ada kegiatan pengobatan dan penyuluhan kesehatan; jalan santai; seminar ilmiah; dan pengabdian masyarakat di panti asuhan yang berlangsung pada kesempatan itu.

“Terima kasih juga kepada pihak sponsor yang ikut mendukung kegiatan kami, seperti Klinik Kupang Graha Medika, Laboratorium Klinik Prodia Kupang, dan pihak lainnya,” tandas  Aprianus Missa.