Home Pengurus DPD Rangkaian Kegiatan IND Tingkat DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus

Rangkaian Kegiatan IND Tingkat DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus

0
163

Dewan Pengurus Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPK PPNI) RS ST Carolus Borromeus Kupang merayakan International Nurses Day (IND) atau Hari Perawat Sedunia dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 RS. ST. Carolus Borromeus dengan berbagai kegiatan yang berlangsung sejak Maret hingga Mei 2023.

Rangkaian kegiatan cukup beragam, mulai dari bakti sosial, penyuluhan kesehatan, webinar, dan konsultasi kesehatan. Berikut ini merupakan ringkasan pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di beberapa tempat dan melibatkan berbagai kelompok masyarakat di seputaran Kota Kupang, NTT.

Pertama, Kegiatan Donor Darah

Kegiatan donor darah ini berlangsung pada Sabtu (25/03/2023) di selasar Biara Susteran CB, Bello, Kota Kupang. Aksi donor darah itu berhasil mengumpulkan 128 kantong darah yang selanjutnya dimanfaatkan oleh masyarakat melalui PMI. Imelda Corazon I.D Tokan, salah satu petugas PMI NTT yang memfasilitasi aksi donor tersebut, mengaku sangat bersyukur dengan inisiasi yang dilakukan DPK PPNI RS St. Carolus Borromeus Kupang bersama seluruh kelurga besar rumah sakit.

Kegiatan donor darah

Kedua, Kunjungan ke Panti Asuhan PRR

Salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat  yang dilakukan adalah kunjungan sekaligus memberi bantuan ke Panti Asuhan PRR Sikumana, Kota Kupang pada Jumat (21/04/2023) lalu. Direktur RS. ST. Carolus Borromeus, dr. Herly Soedarmadji, MM—yang pada kesempatan itu didampingi Kabid Keperawatan (Sr. Asisia, CB), Ketua DPK PPNI RSCB (Aprianus Missa), dan Bendahara DPK PPNI RSCB (Yustina Ceme)—menyerahkan bantuan secara langsung kepada penerima manfaat yang diwakili pimpinan Panti Asuhan PRR Sikumana, Sr. M. Stanisia, RRR.

Kunjungan ke Panti Asuhan PRR

Ketiga, Pengobatan  Gratis  di UPTD KESOS Lansia Budi Agung Kupang 

DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus mengadakan bakti sosial (baksos) berupa pengobatan gratis di UPTD KESOS Lansia Budi Agung Kupang pada Jumat (28/04/2023). Kegiatan baksos ini diikuti oleh  76 orang lansia. Sebagian besar—lansia yang bisa jalan—dilayani di aula, sedangkan yang lain dilayani secara langsung di wima pada lansia yang sakit.

Foto bersama setelah pengobatan gratis

Keempat, Penyuluhan Kesehatan di UPTD KESOS Lansia Budi Agung Kupang 

Selain pengobatan gratis, kegiatan baksos di UPTD KESOS Lansia Budi Agung Kupang  juga diisi dengan penyuluhan kesehatan. Saat itu, para lansia diedukasi mengenai masalah kesehatan yang sering dialami oleh orang yang berusia lanjut, yaitu: “Hipertensi”.

Penyuluhan hipertensi

Kelima, Webinar Keperawatan dan Kedokteran

DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus juga menyelengarakan kegiatan ilmiah berupa Webinar  Keperawatan dan Kedokteran pada Rabu (10/05/2023). Webinar ini membicarakan tentang, “Peran Perawat dan Dokter dalam Penanganan Early Warning System (EWS) di Ruang Rawat Inap”. Kegiatan ini diikuti 652 peserta yang terdiri dari perawat, dokter, dan mahasiswa. Para peserta tidak hanya dari Kota Kupang, tetapi juga dari seluruh kabupaten yang ada di NTT, bahkan ada yang dari luar provinsi NTT.

Keenam, Bazar Murah di Parkiran RS. ST. Carolus Borromeus

DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus juga menyelengarakan kegiatan bazar murah yang merupakan hasil kerja sama dengan Bulog Wilayah Nusa Tenggara Timur. Kegiatannya dilaksanakan pada Kamis, (11/05/2023) di parkiran RS. ST. Carolus Borromeus. Kegiatan bazar murah ini tidak hanya untuk perawat dan karyawan RS. ST. Carolus Borromeus, tetapi juga untuk masyarakat umum se-Kota Kupang. Banyak masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini. Mereka membeli kebutuhan pokok seperti beras, terigu, gula, minyak goreng, bawang, dan telur.

Kegiatan bazar murah

Ketujuh, Konsultasi Kesehatan Gratis di Area Car Free Day

DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus mengadakan kegiatan konsultasi kesehatan di Area Car Free Day Kota Kupang pada Sabtu (13/05/2023).  Panitia menghadirkan  dokter spesialis penyakit dalam (dr. Jefri Pratama Susanto, Sp.PD), dokter pelayanan terintegrasi (dr. Vivi K. Tjahjadi, M.Si , ahli gizi (Cindy Kartika Dastian, S.Gz) dan perawat (Aprianus Missa, A.MD.Kep ) serta rekan-rekan dari laboratorium/PATELKI. Selain konsultasi kesehatan, kegiatan ini juga melayani pemeriksaan tensi, pemeriksaan gula darah dan asam urat secara gratis.     Masyarakat cukup antusias mengikuti kegiatan ini dan jumlah peserta tercatat 112 orang.

Kegiatan konsultasi kesehatan gratis

Ketua DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus, Aprianus Missa, mengatakan sangat bersyukur karena semua kegiatan yang telah dirancang dalam Rangka Hari Perawat Internasional dapat berjalan dengan baik. Menurutnya, kesuksesan itu bukan karena kuat atau hebatnya tim di DPK PPNI RS. ST. Carolus Borromeus, tetapi justru karena kuat dan hebatnya orang- orang yang ada di sekitar kami.

Pada kesempatan itu, Aprianus Missa mengucapkan terima kasih kepada  DPW PPNI NTT, DPD PPNI Kota Kupang, dan seluruh manajemen RS. ST. Carolus Borromeus yang sudah membantu kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik. Ia juga berterima kasih kepada rekan-rekan dari IDI, Persagi dan Patelki yang juga terlibat dalam rangkaian kegiatan IND.

“Tidak lupa juga kami berterima kasih kepada seluruh sponsor kami yang sudah membantu kami baik dari segi materi sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, di antaranya RS. ST. Carolus Borromeus, Bank NTT, Laboratorium Klinik Prodia, dan Klinik Kupang Graha Medika,” tutup Aprianus Missa.