Home Pengurus DPD DPD PPNI Sikka Gandeng LPK Masubu Sosialisasi Peluang Kerja Perawat di Luar...

DPD PPNI Sikka Gandeng LPK Masubu Sosialisasi Peluang Kerja Perawat di Luar Negeri

0
177

Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Sikka merayakan International Nurses Day (IND) pada 12 Mei 2023 dengan menggelar sosialisasi peluang kerja perawat ke luar negeri. Kegiatan yang terlaksana berkat kerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Musubu ini merupakan upaya PPNI untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Sebagai gambaran, perawat-perawat di Kabupaten Sikka berjumlah ± 1300 orang yang tersebar di berbagai tatanan pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun swasta. Tetapi, masih ada sekitar 284 anggota yang saat ini belum bekerja atau bekerja di praktik dokter maupun laboratorium, dan mereka yang menjadi tenaga sukarela di puskesmas.

Bertepatan dengan IND 2023 yang mengusung tema “Our Nurses Our Future” ini, DPD PPNI Sikka merasa perlu untuk mengadakan kegiatan peningkatan kesejahteraan, khususnya bagi anggota yang belum bekerja tetap atau tidak bekerja saat ini. Karena itu, DPD PPNI Sikka menjalin kerja sama dengan LPK Musubu dalam kegiatan pemberian informasi kesempatan perawat bekerja di luar negeri.

Harapannya, perawat yang belum bekerja ini nantinya  ada perbaikan taraf hidup di masa depan. Perawat tersebut juga diharapkan mampu bersaing, mengubah kualitas hidup lebih baik karena lapangan pekerjaan di Sikka untuk perawat pada saat ini belum menjamin perekrutan tenaga perawat yang besar.

Perawat Sikka masih mengandalkan pekerjaan sebagai aparatur sipil negara (ASN) walaupun kuota yang dibutuhkan sangat sedikit. Peluang program P3K dan perawat desa sudah ada, namun tetap saja belum bisa mengurangi pengangguran tenaga perawat dan secara finansial belum memperoleh hak sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, DPD PPNI Sikka terpanggil untuk bersama LPK Musubu memotivasi para anggota melalui kegiatan sosialisasi peluang kerja di luar negeri. Peluang ini merupakan  kesempatan besar menyerap banyak tenaga perawat dengan manfaat yang menjanjikan untuk dirinya maupun keluarga.

Partisipasi aktif para anggota yang hadir sebanyak 280 orang. Keaktifan peserta merupakan hasil dukungan dan kerja sama yang baik antara pengurus DPD dan DPK, sehingga anggota langsung memperoleh informasi dari pihak lembaga LPK Musubu. Selain itu, peserta juga mendengarkan testimoni dari perawat-perawat Sikka yang sudah siap diberangkatkan ke Jepang setelah melalui tes bahasa dan keahlian yang dibutuhkan sebagai perawat Jepang.

Persiapan yang dibutuhkan tidak hanya ilmu dan keterampilan sebagai perawat, tetapi juga sikap perilaku yang baik, etos kerja dan disiplin, sehingga mampu bersaing di negara asing. Karena itu, PPNI sebagai organisasi besar tertantang untuk terus giat menyuarakan kepentingan anggotanya. Dengan demikian, niscaya para anggota perawat memperoleh perubahan hidup ke arah lebih baik.

Penulis: Anastasia (DPD PPNI Sikka)