Home Pengurus DPD Ragam Kegiatan Meriahkan HUT Emas PPNI di Mabar

Ragam Kegiatan Meriahkan HUT Emas PPNI di Mabar

0
46

Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Manggarai Barat (DPD PPNI Mabar) menggelar beragam kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) PPNI yang ke-50 atau Tahun Emas PPNI yang puncaknya diperingati pada 17 Maret 2024. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan terpusat di Labuan Bajo sebagai Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat itu berlangsung dengan semangat tema HUT: “Peduli untuk Bersinergi”.

Ns. Perti  memberikan pertanyaan kepada sala satu anak sekolah  saat memberikan Pendidikan Kesehatan Bahaya Gadget bagi Kesehatan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pemberian edukasi kepada anak- anak Sekolah Dasar (SD) tentang bahaya gadget atau gawai. Kegiatan edukasi ini dilakukan di beberapa sekolah sasaran. Perawat DPD PPNI Mabar menyampaikan pesan agar anak usia sekolah mengetahui dampak dari pemakaian gadget, khususnya untuk kesehatan mata.

Tim DPD PPNI Mabar & anak sekolah di Pesantren Hidayatullah Lemes

Selain itu, DPD PPNI Mabar juga menggelar kegiatan bakti sosial (baksos). Kegiatan baksos ini pembagian sembako di pesantren dan biara. Menurut panitia HUT PPNI tingkat DPD PPNI Mabar, kegiatan baksos ini merupakan bentuk kepedulian perawat pada komunitas  masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Ketua DPD PPNI  Mabar dan perwakilan masing-masing DPK PPNI Manggarai Barat

Ketua DPD PPNI Mabar, Emilianus Muliono, beserta tim memberikan secara langsung paket sembako di Biara Katongge dan Pesantren Hidayatullah Lemes. Rasa kepedulian ini memberikan kesan yang baik dari masyarakat akan pentingnya saling memberi satu dengan yang lain.

Ketua DPD PPNI Mabar, Emilianus Muliono, saat memberikan Sembako Kepada Biarawati di Biara Katongge.

 

Sekretaris DPD PPNI Mabar, M.Basyar, Saat Memberikan Sembako Kepada  Pesantren Hidayatullah Lemes

Dewan Pengurus Komisariat (DPK) PPNI yang ada di DPD PPNI Mabar juga ikut memeriahkan HUT Emas PPNI dengan berbagai kreativitas kegiatan. Salah satu kegiatannya berupa pemberian bunga kepada pasien sebagai simbol kepedulian atau ekspresi rasa empati perawat dalam memberikan asuhan keperawatan yang professional dan dilandasi sikap caring yang baik. Harapannya, pada HUT PPNI ke-50 ini, komunitas keperawatan makin peduli dengan asuhan keperawatan profesionalnya yang memberikan kesejahteraan bagi perawat.

Ners RSUD Komodo saat memberikan bingkisan bunga kepada pasien yang sedang dirawat 

DPK PPNI Puskesmas Labuan Bajo secara khusus merayakan HUT Emas PPNI dengan bersinergi dalam memberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan penularan penyakit Tuberculosis (TBC). Selain memberikan informasi kesehatan seputar TBC dan penanganannya, kegiatan ini juga diakhiri dengan memperagakan etika batuk dan pantun “Peduli untuk Bersinergi dengan Indonesia Sehat yang Dicapai”

Ns.Fina Pengelolah Program TBC & Team DPK PPNI Puskesmas Labuan Bajo bersama Guru-Guru dan Anak Sekolah Dasar Batu Cermin saat mendengarkan pendidikan Kesehatan pencegahan Penyakit Menular Tubercolusis

Sementara itu, DPK PPNI Puskemas Werang merayakat HUT Emas PPNI dengan melakukan promosi kesehatan tentang bahaya merokok. Pada kesempat itu hadir Ketua DPK PPNI Puskesmas Werang, Karolina Dirgahayu, Amd. Kep; Pengelola Promkes Puskesmas Werang, Ns. Maris S. Sandri Lama, S.Kep; dan seluruh tim DPK PPNI Puskesmas Werang.

Bentuk kegiatannya berupa pendidikan kesehatan tentang bahaya merokok bagi kesehatan anak dan remaja. Selain itu, Tim Promosi Kesehatan DPK PPNI Puskesmas Werang ini juga melakukan kegiatan lain yang tidak kala penting, yakni skrining anemia di SMPN 2 Sano Nggoang.

DPK PPNI Puskesmas Werang Melakukan Screening Anemia untuk Remaja Putri SMPN 2 Sano Nggoang

Di sela-seal kegiatan tersebut, Perawat DPK PPNI Puskesmas Werang berharap agar Perawat Indonesia terus meningkatkan citra profesi yang paling bergengsi dan terpercaya sebagaimana perawat di negara maju lainnnya.

Ns Maria S.Sandri Lama, S.Kep memberikan Pendidikan Kesehatan tentang Bahaya Merokok bagi Remaja Putri SMPN 2 Sano Nggoang

DPK PPNI Puskesmas Benteng juga menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Emas PPNI tahun 2024. DPK PPNI Puskesmas Benteng melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan anak remaja. Setelah penyuluhan berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan meniup lilin bersama guru dan anak-anak sekolah.

DPK PPNI Puskesmas Benteng bersama guru-guru serta pelajar melakukan peniupan lilin bersama sebagai ucapkan syukur HUT PPNI yang ke-50

Kegiatan tersebut merupakan bentuk ungkapan syukur atas usia PPNI yang ke-50.  DPK PPNI Puskesmas Benteng berharap, semoga organisasi profesi PPNI yang dicintai anggota ini semakin berkembang dan terpelihara kesatuannya di masa kini dan masa yang akan datang.

PPNI adalah tonggak dalam pengembangan perawatan kesehatan di Indonesia. Selamat ulang tahun yang ke-50 untuk keberhasilan yang telah dicapai! semoga terus menjadi agen perubahan dalam perawatan kesehatan!

Penulis :Ns.Mikael Harun,S.Kep & Ns.Maria Selviana Rediana (Infokom DPD PPNI Mabar)