Home Berita Wilayah Perawat Adrianus Tonbesi Jadi Nakes Teladan NTT Berkat “GERCAP SERO PASUKAN”

Perawat Adrianus Tonbesi Jadi Nakes Teladan NTT Berkat “GERCAP SERO PASUKAN”

0
254

Adrianus Jeniven Haki Tonbesi, S.Kep.Ns, Perawat Ahli Pertama di Puskemas Wini – Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), terpilih sebagai Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2023.

Informasi yang membanggakan profesi perawat itu secara resmi disampaikan pada Rabu (26/06/2023) dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi NTT dengan nomor: Dinkesdukcapil.SDMK/861.5/VI/2023.

Berdasarkan keterangan yang tertulis dalam lampiran SK tersebut, perawat kelahiran Timor-Timur pada 26 April 1990 yang akrab disapa Iven Tonbesi tersebut meraih poin inovasi tertinggi dibandingkan dengan tenaga kesehatan lainnya.

Iven Tonbesi yang mengusung program inovasi berjudul  “GERCAP SERO PASUKAN untuk Meningkatkan Cakupan Penemuan Kasus Diabetes Melitus, Pencegahan Komplikasi dan Kematian” itu meraih nilai akhir sebesar 95 poin.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Provinsi NTT, Aemilianus Mau, mengapresiasi prestasi yang telah diraih perawat Iven Tonbesi tersebut. Sebagai salah satu tim penguji program Nakes Teladan tersebut, Aemilianus Mau menilai inovasi yang ditawarkan Iven Besi cukup bagus karena lebih menekankan upaya promotif dan preventif untuk mencegah penyakit Diabetes Melitus (DM).

Jika penyakit DM itu sudah terjadi atau tidak bisa dicegah sejak dini, lanjut Aemilianus Mau, maka program GERCAP SERO PASUKAN difokuskan untuk mencegah komplikasi seperti luka gangren. Kalau komplikasi itu sudah terjadi, maka program inovasi itu diterapkan untuk mencegah terjadinya amputasi dan kematian.

“Makanya saya beri masukan tambahkan kata SERO: Skrining, Edukasi, Rawat dengan tepat, dan Obati sampai sembuh,” kata Aemilianus Mau yang menjadi tim penguji sekaligus pembimbing ke tahap selanjutnya. “Output dari inovasi tersebut nantinya zero komplikasi, zero amputasi, dan zero kematian.”

Sebagai bentuk dukungan organisasi profesi perawat, Aemilianus Mau meminta Tim Infokom DPW PPNI NTT untuk bantu menyebarkan video inovasi Iven Tonbesi sehingga bersaing dalam kompetisi selanjutnya di tingkat nasional. “Minta tolong seluruh perawat dan nakes lain untuk like dan subscribe videonya,” imbuhnya.

Kenali dan Dukung

GERCAP SERO PASUKAN merupakan akronim dari: Gerakan Cegah Amputasi dengan metode Skrining, Edukasi, Rawat, dan Obati sampai tuntas pasien Diabetes
Melitus di Kampung Perbatasan. Sesuai dengan namanya, program inovasi tersebut memiliki   4 kegiatan utama seperti diuraikan berikut ini.

Pertama, perawat melakukan skrining penderita Diabetes Melitus pada
masyarakat yang berada wilayah kerja puskesmas. Kedua, perawat melakukan edukasi atau promosi kesehatan kepada masyarakat tentang Diabetes Melitus. Perawat juga perlu melakukan edukasi khusus pada kelompok masyarakat yang terkonfirmasi positif DM terkait program perawatan di rumah maupun di puskesmas. Program edukasi ini dilakukan dengan pendekatan budaya setempat serta menggunakan bahasa yang dipahami masyarakat setempat.

Perawat juga perlu memberikan edukasi atau lebih tepatnya menyamakan persepsi dengan perawat atau tenaga kesehatan lain tentang cara perawatan ulkus DM sesuai dengan SOP teknik perawatan luka terkini.

Ketiga, perawat atau tenaga kesehatan lain yang terlatih bertugas merawat penderita DM yang mengalami luka gangren. Keempat, perawat perlu memastikan kliennya berobat sampai tuntas dengan menyediakan kartu kontrol luka.  Selama proses perawatan dan pengobatan hingga tuntas, perawat mengunakan metode modern dressing dengan memperhatikan tiga aspek perawatan luka, yakni: mencuci luka, membuang jaringan yang mati, dan
memilih balutan yang tepat.

Iven Tonbesi telah menerapkan inovasi tersebut sejak Januari 2022 hingga saat ini. Berdasarkan laporan evaluasi yang tertuang dalam makalanya, program  GERCAP SERO PASUKAN terbukti memberi kesembuhan pada pasien DM dengan luka gangren. Karena itu, program inovasi itu memiliki potensi yang bagus untuk diterapkan secara luas sehingga masalah DM dapat dicegah dan kalaun pun terjadi tidak menimbulkan komplikasi yang merugikan penderitanya.

Jika Anda tertarik dengan program inovasi milik Iven Tonbesi tersebut dan ingin program baik itu dirasakan secara luas oleh masyarakat umum, mari kita dukung bersama program GERCAP SERO PASUKAN agar bisa menang juga di tingkat nasional. Cara kita mendukung ada banyak, salah satunya dengan memberikan like dan subscribe pada video Iven Tonbesi berikut ini.

Penulis: Saverinus Suhardin (Infokom DPW PPNI NTT)