Home Berita Wilayah Filomeno Inacio Resmi Terpilih Sebagai Ketua HIPANI NTT

Filomeno Inacio Resmi Terpilih Sebagai Ketua HIPANI NTT

0
206

Filomeno V. Correia Inacio resmi terpilih sebagai Ketua HIPANI NTT periode 2022-2027. Penetapan ketua tersebut merupakan hasil Konferensi Daerah I HIPANI NTT yang dilaksanakan pada Sabtu (07/05/2022) di Graha PPNI NTT; di bilangan Nekafmese Sungkaen Naimata, Kota Kupang.

Sebelum pemilihan ketua, pertemuan umum perawat anastesi di Provinsi NTT didahului oleh berbagai rapat pleno yang membahas tentang tata tertib sidang, pembahasan program kerja, pemilihan ketua dan diakhiri dengan pemilihan pengurus.

Salah satu poin yang dibahas dalam sidang pleno pertama, yaitu pembahasan tata tertib, forum bersepakat bahwa nama kegiatan yang sebelumnya disebut “Konferensi Daerah” selanjutnya diganti dengan dengan sebutan: Kongres Wilyah.

Selanjutnya, sidang pleno kedua Kongres Wilayah I HIPANI NTT fokus membahas program kerja. Hasil sidang menetapkan program kerja yang terbagi menjadi 7 bidang, di antaranya: Bidang Organisasi dan Kaderisasi, Hukum, Pelayanan, Penelitian dan Infokom, Pendidikan dan Pelatihan, Hububungan Antar Lembaga, dan Kesejahteraan.

Sidang pleno ketiga fokus membahas pemilihan ketua HIPANI NTT. Setelah forum menetapkan ketentuan calon ketua dan memberi kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan calon ketua, forum hanya menetapkan satu nama: Filomeno V. Correia Inacio.

Karena hanya ada satu calon, maka saudara Filomeno V. Correia Inacio diberi kesempatan menyampaikan visi-misi di hadapan peserta Kongres Wilayah I HIPANI NTT. Perawat anastesi yang biasa disapa Ns. Ino itu mengatakan, visi utama yang akan diperjuangkan sebagai ketua nantinya berfokus pada menjalankan pekerjaaan dan pendidikan anastesi.

Forum Kongres Wilayah I HIPANI NTT tersebut kemudian menetapkan Filomeno V. Correia Inacio sebagai Ketua HIPANI NTT secara aklamasi. Setelah terpilih, Ns. Ino mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah mempercayakannya sebagai ketua.

“Saya juga berharap, rekan-rekan semua siap bersama-sama saya menjalankan organisasi ini,” Kata Ns. Ino. “Saya memiliki banyak kekurangan, jadi kita bisa saling melengkapi.”

Setelah penetapan ketua, sidang pleno selanjutnya menetapkan badan pengurus sesuai bidang atau program kerja yang telah ditetapkan pada sidang pleno sebelumnya. Sidang pleno terakhir fokus membahas lokasi Kongres Wilayah II yang akan dilaksanakan pada tahun 2027 kelak, dan forum menyepakati untuk dilaksanakan di wilayah Kab. Kupang.

Seluruh rangkaian Kongres Wilayah I HIPANI NTT itu ditutup dengan seremonial khusus yang berlangsung singkat dan sederhana. Pada kesempatan tersebut, Ketua HIPANI NTT terpilih memberikan kata sambutan pertamanya sebagai nahkoda bagi perawat anastesi di Bumi Flobamorata.

Pada kesempatan tersebut, Ns. Ino lebih banyak menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Kongres Wilayah I HIPANI NTT yang berlangsung sukses. Selanjutnya, perawat anastesi di RS Siloam tersebut meminta komitmen anggota dan pengurus dalam memajukan HIPANI NTT.

“Mohon dukungan semua teman-teman, agar organisasi kita berjalan dengan baik, sehingga perawat anastesi selalu bersatu, sehingga kita maju dan pasien yang kira rawat juga bisa menjalani operasi dengan lancar,” tandasnya.

Acara diakhiri dengan sambutan Ketua DPW PPNI Provinsi NTT. Pada kesempatan tersebut, Bapak Aemilianus Mau, S.Kep.,Ns, M.Kep memberikan apresiasi kepada semua pengurus maupun pihak lain yang membantu dan mendukung pelaksanaan Kongres Wilayah I HIPANI NTT tersebut. Kepada ketua dan pengurus HIPANI NTT terpilih, Pak Willy memberikan beberapa pesan.

Pertama, semua program kerja yang telah dibahas dan disepakati dalam rapat pleno, usahakan bisa dijalankan dengan baik.

Kedua, siapkan pelantikan ketua yang akan dilakukan di Jakarta. Sepulang dari saja, lakukan pelantikan badan pengurus yang lain.

Ketiga, setelah pelantikan harus ada satu seminar  tentang peran perawat anastesi itu masih ada atau bagaimana?

Keempat, meski pengurus dan anggota HIPANI NTT masih sedikit, usahakan kegiatannya tetap ada atau dijalankan. Minimal setiap bidang itu satu kegiatan per tahun.

Itu beberapa pesan yang disampaikan Pak Willy selaku pembina ikatan/himpunan perawat yang berada di bawah naungan DPW PPNI Provinsi NTT. Pak Willy berharap HIPANI NTT bisa menjadi angin segar bagi PPNI, ikut memajukan anggota dan meningkatkan citra profesi perawat.

Saverinus Suhardin (Infokom DPW PPNI NTT)