Home Berita Wilayah DPW PPNI NTT Siap Selenggarakan TOT Terintegrasi

DPW PPNI NTT Siap Selenggarakan TOT Terintegrasi

0
288

Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (DPW PPNI NTT) siap menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Terintegrasi yang akan berlangsung selama 2 hari pada Sabtu-Minggu, 27-28 September 2022 mendatang di Neo Hotel by Aston, Kupang.

Keterangan itu disampaikan Bapak Stefanus Mendes Kiik, S.Kep.,Ns.M.Kep.,Sp.Kep.Kom, Ketua Panitia ToT Terintegrasi tingkat DPW PPNI NTT, setelah melakukan rapat persiapan pada Sabtu (10/09/2022) kemarin di Graha PPNI NTT yang berlokasi di Jl. Nekafmese – Sungkaen, Naimata, Kota Kupang.

“Kita panitia sudah siap, kalau dipersentasekan kira-kira sudah 80%,” kata penanggung jawab kegiatan yang biasa disapa Pak Stef itu.

Menurut Pak Stef, kegiatan ToT Terintegrasi DPW PPNI NTT ini merupakan program utama dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI untuk melatih pengurus DPW dan DPD PPNI se-Provinsi NTT terkait pengelolaan organisasi, sehingga memiliki kesamaan tujuan dan konsep memajukan organisasi dengan pengurus PPNI se-Indonesia.

Pak Stef menjelaskan, sejauh ini panitia sudah melakukan rapat persiapan sebanyak empat kali. Tugas panitia di tingkat DPW PPNI NTT di antaranya selalu berkoordinasi dengan DPP PPNI, menyiapkan lokasi kegiatan, persiapan acara pembukaan dan selingan di antara kegiatan utama, dan memfasilitasi peserta—khususnya utusan pengurus DPD PPNI kabupaten/kota se-Provinsi NTT.

“Kita sudah 3 kali melakukan koordinasi dengan pengurus DPD, dan sebagian besar sudah memastikan untuk hadir,” tambah Pak Stef. “Hanya ada dua kabupaten yang mengonfirmasi tidak hadir,  yaitu Manggarai dan Manggarai Barat.”

Kepada peserta yang sudah mendaftar, Pak Stef berharap nantinya benar-benar bisa hadir pada pelaksanaan kegiatan. Menurutnya, ToT Terintegrasi PPNI NTT ini merupakan kesempatan emas bagi semua pengurus di berbagai tingkatan untuk meningkatkan kompetensi sesuai tugas atau bidang masing-masing.

“Kita perlu terus belajar untuk mengelola organisasi PPNI ini menjadi lebih baik,” tandas Pak Stef.

Ketua DPW PPNI NTT, Bapak Aemilianus Mau, S.Kep.,Ns, M.Kep yang turut hadir pada kesempatan rapat persiapan tersebut, menekankan tentang pentingnya ToT Terintergrasi tersebut bagi semua pengurus PPNI di NTT. Karena itu, dirinya mendorong semua pengurus DPW PPNI NTT periode 2022-2027 untuk bisa hadir semua.

“Pengurus DPD PPNI kota/kabupaten se-NTT juga diharapkan hadir, mulai dari ketua, sekretaris, bendahara dan wakil ketua bidang,” kata Ketua DWP PPNI NTT yang akrab disapa Pak Willy tersebut. “Kita berharap, utusan dari DPD itu nanti bisa berbagi informasi dan pengalaman kepada pengurus yang lain dan bila perlu memberi pelatihan kepada pengurus DPK PPNI di wilayah masing-masing.”

Pak Willy mengingatkan kegiatan ToT Terintegrasi PPNI NTT ini sangat penting dilakukan untuk menyamakan persepsi tentang cara pengelolaan organisasi ini di semua level kepengurusan. Menurutnya, semua pengurus harusnya memiliki pemahaman yang sama dalam menjalankan organisasi sesuai AD/ART, peraturan organisasi, pedoman dan panduan yang telah disiapkan oleh DPP PPNI.

“Setelah pelatihan nanti, harapannya semua pengurus bisa mengelola organisasi PPNI dengan baik, sesuai bidang keahlian atau yang telah dipercayakan kepadanya,” tutup Pak Willy.

Sementara itu, Ibu Kori Limbong, S.Kep.,Ns, M.Kep selaku Sekretaris DPW PPNI NTT, pada kesempatan rapat persiapan itu juga menyampaikan laporan terkait hasil koordinasi dengan DPP PPNI. Menurutnya, sudah ada kepastian mengenai kehadiran Ketua Umum, Sekretaris, dan Bendahara DPP PPNI pada perhelatan ToT Terintegrasi PPNI NTT mendatang.

Selain itu, Ibu Kori juga mengabarkan akan hadir 12 orang fasilitator dari DPP PPNI, di antaranya ada Bapak Eru, Budiman,Wayan Suardana, Singgih, La Ode, Efendi, Made Sundayana, Mundakir            , Suriadi, Ngurah Sukadarma, Ibu Nani R dan Ibu Evi Karot.

Pada kesempatan itu, Ibu Kori mengingatkan agar seluruh peserta ToT Terintegrasi PPNI NTT wajib membawa laptop, menggunakan seragam sesuai yang telah ditentukan dalam surat pemberitahuan, dan khusus pengurus bidang penelitian, informasi dan komunikasi (Infokom), diharapkan bisa menyiapkan naskah artikel ilmiah untuk dijadikan bahan pelajaran.

“Tim dari DPP PPNI sudah siap datang, kita sebagai tuan rumah dan peserta yang mau belajar diharapkan lebih siap dan semangat untuk belajar kembali,” tutup Ibu Kori.

Penulis: Saverinus Suhardin (Infokom DPW PPNI NTT)

Berita ini sebelumnya telah dimuat di media resmi DPP PPNI (infoperawat.com), bisa Anda akses melalui tautan ini: https://infoperawat.com/dpw-ppni-ntt-siap-selenggarakan-tot-terintegrasi/