Home Pengurus DPD DPK PPNI Puskesmas Lato Resmi Dilantik, Pengurus Berkomitmen Turunkan Stunting

DPK PPNI Puskesmas Lato Resmi Dilantik, Pengurus Berkomitmen Turunkan Stunting

0
175

Sekretaris DPD PPNI Kabupaten Flores Timur, Vincensius Ratu Sene, S.Kep,Ns melantik Dewan Pengurus Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPK PPNI) Puskesmas Lato  periode 2020-2025.

Acara pelantikan yang dipadukan dengan sosialisasi materi TOT (Training of Trainer) pengurus tersebut diselenggarakan pada Jumat (10/02/2023) di aula Puskesmas Lato, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan yang mengusung tema “Peran Perawat Mendukung Pemerintah dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Melalui Pendekatan Asuhan Keperawatan Keluarga” ini diawali dengan pesan keselamatan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PPNI.

“Puskesmas Lato senantiasa mendukung program perawat yang terhimpun dalam wadah PPNI demi mendukung  pelayanan, baik kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat,” ungkap kepala Puskesmas Lato dalam sambutan singkatnya.

Sementara itu, Vincensius Ratu Sene S.Kep, Ns selaku Sekretaris DPD PPNI Kabupaten Flores Timur, dalam sambutany amemotivasi perawat untuk bersama; bersatu padu memerangi stunting.

Ia juga menekankan bahwa PPNI harus terlibat aktif dalam upaya mengatasi masalah stunting melalui asuhan keperawatan keluarga, khususnya keluarga-keluarga yang memiliki anak stunting.

“Mari bersama kita rapatkan barisan dan tetap solid, sudah saatnya kita berbenah dengan lebih meningkatkan kinerja dan prestasi kita. Mulailah berbenah dari diri kita sendiri dan tetap jaga kekompakan. Tunjukan kepada masyarakat bahwa organisasi PPNI bisa membawa perubahan di tengah isu stunting yang  menjadi masalah nasional,” kata Ratu Sene.

“Selamat Kepada kawan-kawan yang baru dilantik. Semoga dengan pelantikan ini, kita lebih meningkatkan kinerja dan profesionalitas  sebagai seorang perawat, serta dapat memberikan aura positif bagi masyarakat dan orang-orang di sekeliling kita,“  lanjut Ratu Sene.

Senada dengan itu, Ketua PPNI DPK Puskesmas Lato, Fransiskus Parin Bala, S.Kep.Ns, dalam sambutannya mengatakan bahwa prevalensi stunting di Puskesmas Lato sebanyak 28,3% pada akhir tahun 2022. Angka ini cukup tinggi dan menjadi tantangan dalam upaya pencegahan menuju penurunan stunting.

“Stunting akan menjadi prioritas program kerja kita. Mari kita jadikan  organisasi PPNI ini sebagai wadah yang betul-betul mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Parin Bala.

Kepala Desa Watowara, Rofinus Alexander Gena Teluma, mengatakan bahwa PPNI merupakan wadah untuk menampung semua aspirasi perawat. Oleh karena itu, menurutnya semangat yang satu dan sama dalam mengembangkan organisasi terutama pelayanan kepada masyarakat menjadi bukti nyata keberadaan organisasi profesi PPNI.  Ia pun berkomitmen untuk selalu mendukung program kerja PPNI Komisariat Puskesmas Lato dalam mengemban tugas pelayanan kepada masyarakat.

Usai acara pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan acara pengucapan komitmen bersama dalam mendukung percepatan penurunan stunting. Selain itu, ada juga penyerahan cinderamata dari DPK PPNI Puskesmas Lato kepada Sekretaris DPD PPNI Kabupaten Flores Timur serta para wakil ketua bidang/divisi  yang hadir dalam acara pelantikan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sosialisasi materi TOT yang diikuti oleh semua peserta.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut di antaranya Kepala Desa Watowara, Rofinus Alexander Gena Teluma; perwakilan dari organisasi profesi seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Puskesmas Lato, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), serta tamu undangan lainnya.

Berikut ini merupakan  susunan kepengurusan DPK PPNI Puskesmas Lato Periode 2020 – 2025.

Ketua         : Fransiskus Parin Bala, S.Kep.Ns

Sekretaris  : Maria Otaviana Balle, A.Md.Kep

Bendahara : Maria Noviane I. Muda. S.Kep.Ns

Seksi – Seksi :

  1. Organisasi, Kaderisasi dan Hukum

Ketua : Adrianus Woka Makin, S.Kep.Ns

Anggota :

  • Antinia Maria F.J Makin, A.Md.Kep
  • Venansia Bibi Danga, S.Kep.Ns
  1. Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian

Ketua : Rosalia Noni,SST

Anggota :

  • Tobias Demon Kumanireng, S.Kep.Ns
  • Yoanista Nebo Bala, S.Kep.Ns
  1. Informasi dan Komunikasi

Ketua : Maria Anastasia F. Aikoli, S.Kep.Ns

Anggota :

  • Jovin Saputra Mano, A.Md.Kep
  • Emiliana Hale Uran, S.Kep.Ns
  1. Pelayanan dan Kesejahteraan

Ketua : Yustina Ansila L. Teluma, S.Kep.Ns

Anggota :

  • Maria Valeria B. Manuk, A.Md.Kep
  • Marianti L Kumanireng, A.Md.Kep

Penulis: Fransiskus Parin Bala & Emanuel F. Ola Masan – DPD PPNI Flores Timur.