Dewan Pengurus Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPK PPNI) Puskemas Pota yang merupakan salah satu komisariat di bawah naungan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Kabupaten Manggarai Timur mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) sebagai bagian dari rasa syukur atas perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PPNI yang ke-50 pada 17 Maret 2024.

DPK PPNI Puskesmas Pota bersingeri dengan Pemerintah Kecamatan Sambi Rampas, Kepolisian Sektor Sambi Rampas, Koramil 1612-05 Elar, dan pemerintah desa/kelurahan setempat. Kegiatan baksos itu berupa pembersihan lingkungan di sekitaran Kampung Mbaru Jawa, Desa Nanga Mbaling. Daerah ini merupakan bagian dari wilayah kerja dan binaan UPTD Puskesmas Pota.

Kampung tersebut letaknya sangat strategis, karena terbentang jalan strategis negara jalur pantura (Pantai Utara) Flores. Namun, salah satu titik di kampung ini menjadi daerah genangan air, sehingga terlihat seperti empang di sepanjang musim hujan. Kondisi itu disebabkan tertutupnya saluran air akibat timbunan material bangunan jalan lintas Flores sejak 4 tahun yang lalu.

Pembersihan lingkugan yang dilakukan DPK PPNI PKM Pota bersama pemerintah dan masyarakat Nanga Mbaling, Manggarai Timur

Pada bulan Januari 2024, di kampung ini dilaporkan terjadi 1 kasus DBD (Demam Berdarah Dengue). Atas pertimbangan masalah tersebut,  maka seluruh anggota DPK PPNI PKM Pota mengambil sikap untuk membuka akses darurat jalur keluar air, agar tidak terjadi genangan air dalam waktu lama.

Aksi itu dinilai penting karena nyamuk Aedes aegepty sebagai vektor penular demam berdarah akan memanfaatkan genangan air kotor sebagai tempat perindukan. Selain melakukan pembersihan dan mengatasi air yang tergenang, perawat DPK PPNI PKM Pota juga mengedukasi masyarakat tentang 4 M dan cara penangangan sampah rumah tangga.

Penulis: DPK PPNI PKM Pota

 

Artikulli paraprakSemarak HUT Emas PPNI di DPK PPNI Puskesmas Lewolaga
Artikulli tjetërPusbangdiklat PPNI Beri Pelatihan BTCLS di RSUPP Betun