Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Alor (DPD PPNI Alor), Josafat M Laka, S.Kep.Ns.,M.Kep, melantik Dewan Pengurus Komisariat (DPK) PPNI Puskesmas Limarahing pada Selasa (20/12/2022) pukul 10.00WITA yang berlangsung di Aula UPT Puskesmas Limarahing—terletak di Kampung Pura Apuri, Desa Pura Selatan, Kecamatan Pura, Kabupaten Alor.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD PPNI Alor didampingi oleh pengurus lain, di antaranya ada Darwin Mohala, A.Md.Kep, dan Andri D R Djasing Amarang, A.Md.Kep. Selain itu, Kepala UPT Puskesmas Limarahing, Maria Rosario Wain, S.KM, juga turut hadir dan meganggapi secara positif keberadaan DPK PPNI di puskesmas tersebut.

Seremonial pelantikan tersebut dipandu oleh seorang pewara, Ibu Maria Theresia, S.Farm. Setelah menyanyian Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PPNI, acara dilanjutkan dengan penyampaikan kata sambutan dari Kepala UPT Puskesmas Limarahing dan Ketua DPD PPNI Kabupaten Alor.

Kegiatan inti pelantikan diawali dengan pembacaan SK (surat Keputusan) yang pada kesempatan itu dibacakan oleh Andri D R Djasing Amarang, A.Md. Kep. Berikut ini merupakan lampiran nama-nama pengurus DPK PPNI UPT Puskesmas Limarahing.

  1. Ketua        : Abdul Ruslan Ahmad Lapi, A.Md.Kep
  2. Sekertaris : Syarifah M. Abdullah, AMK
  3. Bendahara : Lodia Lauseni, A.md.Kep
  4. Divisi Organisasi, Kaderisasi dan Hukum
  • Ketua : Keterina Sibu, Md.Kep
  • Anggota : Maria Fatima Buku Beribe, Md.Kep
  1. Divisi Pendidikan dan Pelatihan
  • Ketua : Amar A. Hasan, A.Md. Kep
  • Anggota : Trydiawati H. Kamore, A.Md.Kep
  1. Divisi Penelitian Sistem Informasi dan Komunikasi
  • Ketua : Maryam Bukangdonu, Md.Kep
  • Anggota : Mery Diana Serangmo, Kep
  1. Divisi Pelayanan
  • Ketua : James Atapelang ,A.Md.Kep
  • Anggota : Thomas Aring, Md.Kep
  1. Divisi Hubungan Antar Lembaga
  • Ketua : Agustina Dolu Bani, A.Md.Kep
  • Anggota : Diana Mariance Malihing, S.Kep
  1. Devisi Kesejahteraan
  • Ketua : Lazarus Dadibuma, Md.Kep
  • Anggota : Marianus R Singhina, Md.Kep

Setelah nama-nama tersebut dibacakan, mereka dipersilakan maju ke panggung dan membentuk barisan. Di dana mereka mengucapkan sumpah sebagai perngurus DPK PPNI UPT Puskesmas Limarahing. Sumpah diucapkan dengan tangan kanan menyilang ke bagian dada kiri dengan telapak tangan dibuka, sambil meresapi sumpah yang diucapkan secara bersama-sama. Acara pun dilanjutkan dengan sambutan Abdul Ruslan Ahmad Lapi, A.Md.Kep sebagai Ketua DPK UPT Puskesmas Limarahing.

Perjalanan yang Tak Mudah

Di balik proses pelatinkan yang berlangsung sukses tersebut, kami utusan dari DPD PPNI Kabupaten Alor yang mengikuti seremonial pelantikan pada saat itu harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Perjalan itu bermula dari pesan Grup Whatsapp DPD PPNI Kab. Alor yang menginformasikan bahwa akan ada pelantikan DPK PPNI baru UPT Puskesmas Limarahing.

UPT Puskesmas Limarahing itu terletak di pulau yang berbeda, sehingga kami dari DPD PPNI Alor perlu melakukan penyeberangan dengan kapal motor. Titik keberangkatan dimulai dari Palabuhan Alor Kecil. Saat itu turun hujan, tapi kami tetap jalan.

Ketua DPD PPNI Kab. Alor, Josafat M Laka, S.Kep.Ns.,M.Kep, sedang berada dalam kapal motor saat menyeberan ke Pulua Pura

Di Pelabuhan Alor Kecil, kami menumpang di kapal motor PM. Putri Ayu. Saat itu gelombang laut cukup besar. Kami agak berdebar-debar, tapi rasa khawatir itu tidak menyurutkan niat kami untuk terus menyeberang.

Saat perjalanan pulang pun tidak kalah menegangkan. Kondisi gelombang laut masih tinggi dan itu membuat perasaan kami agak kalut. Tapi, untungnya kami bisa tiba kembali di Pelabuhan Alor Kecil dengan selamat. Itu sedikit cerita kami di DPD PPNI Kabupaten Alor. Kami yakin di setiap tempat memiliki keunikan dan tantangan tersendiri, tapi tentunya tidak membuat pengurus berdiam diri. Salam dari Alor.

Penulis: Andri D R Djasing Amarang (Infokom DPD PPNI Kabupaten Alor)

Artikulli paraprakBapena PPNI NTT Telah Terbentuk, Ini Personalia Pengurus dan Tupoksinya
Artikulli tjetërBeri Pembinaan Peserta Ukom Retaker Perawat, Ketua DPW PPNI NTT: Ini Bentuk Perhatian Organisasi Profesi